Info Pendidikan

Mengenal dan Memahami Lebih Jelas Sistem Boarding School

Boarding school adalah sistem sekolah dengan asrama, dimana peserta didik dan juga para guru dan pengelola sekolah tinggal di asrama yang berada dalam lingkungan sekolah dalam kurun waktu tertentu biasanya satu semester diselingi dengan berlibur satu bulan sampai menamatkan sekolahnya.

Boarding school hanya salah satu cara di dalam mengelola sekolah yang ada di Indonesia. Mereka mengasramakan para siswa dan kemudian memberikan tambahan kegiatan di lingkungan sekolah, itu memang akan sangat bermanfaat bagi siswa. Tetapi, untuk membentuk seorang pemimpin masa depan, ada berbagai faktor harus mendukung.

Di lingkungan sekolah, parti boarding school, asrama sekolahara siswa dapat melakukan interaksi dengan sesama siswa, bahkan berinteraksi dengan para guru setiap saat. Contoh yang baik dapat mereka saksikan langsung di lingkungan mereka tanpa tertunda. Dengan demikian, pendidikan kognisi, afektif, dan psikomotor siswa dapat terlatih lebih baik dan optimal.

Boarding School yang baik dijaga dengan ketat agar tidak terkontaminasi oleh hal-hal yang tidak sesuai dengan sistem pendidikan atau dengan ciri khas suatu sekolah berasrama. Dengan demikian peserta didik terlindungi dari hal-hal yang negatif seperti merokok, narkoba, tayangan film atau sinetron yang tidak mendidik dan sebagainya. Di sekolah dengan sistem ini, para siswa mendapatkan pendidikan dengan kuantitas dan kualitas yang berada di atas rata-rata pendidikan dengan sistem konvensional.

Boarding school menyediakan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan siswa. Lengkapnya fasilitas yang ada untuk menyalurkan bakat dan hobi siswa-siswi. Siswa-siswi di boarding school memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai kepentingan, mengambil  bidang yang diminati, dan menunjukkan bakat mereka

Dalam sistem pendidikan boarding school seluruh peserta didik wajib tinggal dalam satu asrama. Oleh karena itu, guru atau pendidik lebih mudah mengontrol perkembangan karakter peserta didik. Dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, baik di sekolah, asrama dan lingkungan masyarakat dipantau oleh guru guru selama 24 jam. Kesesuaian sistem boarding-nya, terletak pada semua aktivitas siswa yang diprogramkan, diatur dan dijadwalkan dengan jelas.

Saat ini Yayasan Sentuhan Qolbu sedang proses pembangunan sekolah berasrama, yang akan dijadikan tempat tinggal, kegiatan belajar mengajar serta aktifitas anak – anak Yatim, Piatu dan Dhuafa binaan Yayasan Sentuhan Qolbu, Alhamdulillah sampai saat ini sudah mencapai tahap pembangunan lantai dua, pembangunan asrama yatim ini letaknya di Jl. Kav. PGRI IX Medan Satria Pondok Ungu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.